Pramuka Bojongmangu

CARA IKUT JOTA_JOTI 2013

Posted by Unknown Senin, 29 Juli 2013 0 komentar
Bagaimana cara mengikuti Jota-Joti ini? Apa yang dilakukan jika ingin mengikuti kegiatan Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti)? Padahal Jota-Joti 2013 (Jota Nasional ke-73 dan Joti Nasional ke-31 sekaligus 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree) akan segera dilaksanakan besok pada 2 - 4 Agustus 2013. Dan Jota-Joti Internasional akan dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2013.

Untuk ikut berpartisipasi atau mengikuti kegiatan Jota dan Joti sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang sama-sama mudahnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, sedangkan cara kedua adalah cara mandiri.
Logo Jota-Joti Nasional

JOTA - JOTI (Jamboree On The Air - Jamboree On the Internet) sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.

Melalui Kwarcab dan DKC

Jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan Jota dan Joti baik tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik) maupun tingkat dunia, cara yang pertama adalah memanfaatkan keberadaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) yang ada di masing-masing kota atau kabupaten. Kwarcab dan DKC se-Indonesia akan membentuk stasiun Jota dan Joti di masing-masing kota atau kabupaten. Setiap pramuka yang ingin mengikuti Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) tinggal mendatangi stasiun ini dan nantinya akan dipandu oleh kakak-kakak operator dari Dewan Kerja Cabang mulai dari proses registrasi hingga pelaksanaannya.

Dengan mengikuti Jota dan Joti dari stasiun yang didirikan oleh Kwarcab dan DKC ini setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan pun akan mendapatkan piagam kegiatan dan Tiska yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Jota Joti Mandiri

Selain memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Cabang di masing-masing kota dan kabupaten, para pramuka pun bisa mengikuti Jota dan Joti secara mandiri. Mengikuti Jota-Joti secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), panduan-panduan, dan sewaktu persiapan hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi Jota-Joti yang disediakan oleh WOSM.

Peserta Jota-Joti Internasional secara mandiri dapat memperoleh piagam penghargaan dengan cara memprint piagam online yang diberikan melalui situs jota-joti.

Nah itulah dua pilihan untuk ikut berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) baik memanfaatkan fasilitas Kwarcab dan DKC ataupun mengikutinya secara mandiri. Jika memilih cara pertama, segeralah menghubungi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di tempat masing-masing.

Registrasi Peserta

Cara registrasi peserta JOTA JOTI terkadang membingungkan sebagian anggota pramuka yang ingin berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (JOTA) dan Jamboree on the Internet (JOTI). Apalagi jika kemudian edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengenai JOTA-JOTI ini tidak kunjung didapatkan.

Namun tenyata untuk mendapatkan berbagai informasi seputar Jamboree on the Air (JOTA) dan Jamboree on the Internet (JOTI) tidak sulit. WOSM telah membuat sebuah situs resmi, www.jotajoti.org Dalam situs ini selain mendapatkan berbagai informasi tentang pelaksanaan JOTA dan JOTI kita juga bisa melakukan pendaftaran (registrasi) peserta secara online.
Website Jota-Joti
Dengan melakukan pendaftaran (registrasi) peserta JOTA dan JOTI melalui situs ini, setiap anggota pramuka di seluruh dunia bisa membuat weblog, membuat galeri foto, bermain Jampuz, mencari stasiun JOTA tertentu, mengirim kartu JOTI (JOTI Card), dan tentu saja, mendownload sertifikat kegiatan, melalui jotajoti.org.

Untuk anggota pramuka yang ingin melakukan pendaftaran, klik Disini untuk langsung mengisi formulir yang disediakan. Have a nice Jamboree!!! :)


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA IKUT JOTA_JOTI 2013
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://pramukabojongmangu.blogspot.com/2013/07/cara-ikut-jotajoti-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Pramuka Bojongmangu.